BATIK MEGA MENDUNG – SARUNG MOTIF BATIK

Panjang umur kaum sarungan! mimin punya sebutan baru nih buat pecinta sarung hehe. Ada yang dari Jawa Barat? kalo ada kamu patut bangga nih soalnya kali ini mimin mau bahas salah satu motif khas Jawa Barat yang pastinya juga jadi Sarung Motif Batik. Kuy simak pembahasan kali ini..

Sarung Motif Batik

Siapa sih yang gak tau batik motif mega mendung?, mungkin cuma nggak tau namanya tapi mimin yakin kalo kalian pernah liat. Batik khas kota Cirebon yang berbentuk awan yang hype banget beberapa taun belakangan ini terutama di kalangan anak muda. Mimin tau alasan kenapa kalian suka ama motif batik ini, yap motif awan di batik ini mirip ama lambang akatsuki di anime Naruto. Haha, siapa yang gak kenal Naruto coba.

Emang motif ini jadi daya tarik tersendiri soalnya emang kekinian banget dan keliatan keren. Tapi tau gak sih sejarahnya bati motif mega mendung?

Sejarah Batik Mega Mendung

Menurut sumber-sumber yang mimin baca, motif mega mendung ini ada hubungannya ama bangsa China yang datang ke kota Cirebon pada abad ke-16. Katanya dulu orang cina bawa barang-barang antik kaya pring, keramik dan kain yang bermotifkan awan gais. Motif awan itu mengartikan dunia luas dan kebebasan. Ada juga yang bilang itu gambaran konsep ketuhanan yang maha luas.

Pada abad ke-16 itu wali yang menyebarkan agama islam di Cirebon Sunan Gunung Jati, menikah ama ratu dari China, Ratu Ong Tien. Buat nyambut pernikahan mereka, masyarakat jadi ngegabungin budaya Indonesia ama budaya China. Mereka ngegambar batik dengan motif awan. Maka jadilah batik motif mega mendung ini gais.

Awalnya batik mega mendung warnanya cuma biru ama merah. Tapi dengan berkembangnya jaman ama banyak permintaan pasar sekarang jadi banyak warna dan banyak variasi kaya digabungin ama motif-motif lain.

Nah.. itu tadi pembahasan tentang batik mega mendung. Ngomong-ngomong nih, Sarung RTS juga punya Sarung Motif Batik Mega Mendung lhoh. Pastinya keren banget deh kalo sarungan motif mega mendung yang keren abis.

Sarung Batik Jogja

Kalau tertarik ama Sarung Motif Batik Mega mendung kami bisa hubungi di sini.

Kepoin instagram kami juga boleh banget @sarungrts